HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG PIJAT BAYI TERHADAP PERILAKU IBU DALAM MELAKUKAN PIJAT BAYI SECARA MANDIRI (Di Desa Ceweng Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang)

Ayun, Thulil Kurrota (2018) HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG PIJAT BAYI TERHADAP PERILAKU IBU DALAM MELAKUKAN PIJAT BAYI SECARA MANDIRI (Di Desa Ceweng Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang). Diploma thesis, STIKES Insan Cendekia Medika Jombang.

[img] Text
Skripsi Thulil Kurrota Ayun.pdf - Published Version

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
172120036 Thulil Kurrota ayun Artikel.pdf - Published Version

Download (433kB) | Preview

Abstract

Pijat bayi merupakan teknik relaksasi yang diberikan pada anak bayi dan balita yang memiliki banyak manfaat. Sentuhan pada pijat bayi yang dilakukan oleh ibu akan memberikan stimulasi pada panca indra dan perkembangan otak. Berdasarkan studi pendahuluan tanggal 14 maret 2018 hasil wawancara pada 10 ibu didapatkan 6 ibu yang tidak mengerti pijat bayi dan 4 diantaranya mengerti pijat bayi dan kadang memijatkan bayinya pada dukun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan ibu tentang pijat bayi terhadap perilaku ibu dalam melakukan pijat bayi di Desa Ceweng Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang. Jenis penelitian ini adalah analitik correlation dengan rancangan cross sectional. Populasi peneletian ini adalah semua ibu yang memilki bayi usia 0-12 bulan sejumlah 75 orang. Sampel penelitian sejumlah 63 orang diambil secara proportional random sampling. Variabel independent adalah pengetahuan ibu tentang pijat bayi dan variabel dependent adalah perilaku ibu dalam melakukan pijat bayi secara mandiri. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Pengolahan data menggunakan Editing, Coding, Scooring, Tabulating dan uji statistik Chi square. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan ibu tentang pijat bayi didapatkan 38 responden berpengetahuan cukup (60,3%),sedangkan perilaku ibu dalam melakukan pijat bayi secara mandiri didapatkan 40 responden berperilaku negatif (63,5%). Uji statistik Chi square menunjukkan X2(0,000)<α(0,05), sehingga H1diterima. Kesimpulanya, ada hubungan antara pengetahuan ibu tentang pijat bayi terhadap perilaku ibu dalam melakukan pijat bayi secara mandiri. Kata kunci : pengetahuan, perilaku, pijat bayi

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, perilaku, pijat bayi
Subjects: R Medicine > RI Midwifery
Divisions: Program Studi > D4 Kebidanan
Depositing User: User1
Date Deposited: 10 Oct 2018 03:59
Last Modified: 04 Dec 2019 08:40
URI: http://repo.stikesicme-jbg.ac.id/id/eprint/866

Actions (login required)

View Item View Item