PENGALAMAN IBU HAMIL DALAM PERAWATAN KEHAMILAN BERBASIS BUDAYA MADURA (Studi Kualitatif di Desa Pegantenan Kabupaten Pamekasan )

Wijaya, Roni (2017) PENGALAMAN IBU HAMIL DALAM PERAWATAN KEHAMILAN BERBASIS BUDAYA MADURA (Studi Kualitatif di Desa Pegantenan Kabupaten Pamekasan ). Undergraduate thesis, STIKES Insan Cendekia Medika Jombang.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Roni_Wijaya.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kehamilan merupakan saat yang menyenangkan dan dinanti – nantikan, tetapi juga dapat menjadi saat kegelisahan dan keprihatinan. Rendahnya kesadaran masyarakat tentang kesehatan ibu hamil menjadi faktor penentuan angka kematian Ibu (AKI) atau Angka Kematian Bayi (AKB). Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pengalaman ibu hamil dalam perawatan kehamilan berbasis budaya Madura. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis survei, Metode kualitatif dengan jenis survei lebih mengutamakan untuk mengamati fenomena alam atau sosial yang terjadi didasarkan pada perspektif dan pengalaman yang diteliti. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara mendalam. Teknik analisa data pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan simpulan. Kesimpulan pada penelitian ini masyarakat desa mayoritas lebih mempercayai dukun beranak untuk memeriksakan kehamilan dari pada bidan desa. Tingkatpengetahuan ibu hamil tentang perawatan kehamilanberesiko bisa membahayakan ibu dan bayiyang ada didalam kandungan, diharapkan adanya pemberian informasi tambahan tentang pentingnya perawatan terhadap kehamilan. Kata kunci : Budaya Madura, Pengalaman, Perawatan Kehamilan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Program Studi > S1 Keperawatan
Depositing User: Repository STIKES ICME Jombang
Date Deposited: 20 Jan 2018 02:10
Last Modified: 06 Jan 2021 06:28
URI: http://repo.stikesicme-jbg.ac.id/id/eprint/71

Actions (login required)

View Item View Item