PENGARUH JUS MELON TERHADAP PENURUNAN HIPERTENSI PADA LANSIA (Studi di Posyandu Lansia Desa Plandi Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang)

Lestari, Genduk (2017) PENGARUH JUS MELON TERHADAP PENURUNAN HIPERTENSI PADA LANSIA (Studi di Posyandu Lansia Desa Plandi Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang). Undergraduate thesis, STIKES Insan Cendekia Medika Jombang.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Genduk_Lestari.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hipertensi masih menjadi masalah terbesar bagi kesehatan terutama pada lansia, karena hipertensi lebih banyak dialami oleh lansia dibandingkam dengan para usia remaja dimana fungsi organ lansia sudah mengalami penurunan sehingga dapat menyebabkan hipertensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk Menganalisis pengaruh jus melon terhadap penurunan hipertensi pada lansia. Desain penelitian menggunakan one group pre test post test design terhadap 13 responden dengan metode random sampling. Pengumpulan data menggunakan SOP dan lembar observasi tekanan darah sebelum dan sesudah diberikan jus melon. Hasil penelitian tekanan darah sebelum diberikan jus melon seluruh responden mengalami hipertensi sebanyak 13 responden (100%) dan tekanan darah sesudah diberikan jus melon seluruh responden mengalami penurunan sebanyak 13 responden (100%). Hasil Uji stastistik menggunakan Uji Wilxocon menunjukkan bahwa nilai signifikansi p = 0,001 < α (0,005), sehingga ditolak dan diterima. Dari hasil pembahasan didapatkan kesimpulan ada pengaruh jus melon terhadap penurunan hipertensi pada lansia di Posyandu Desa Plandi Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang. Kata Kunci : Hipertensi, Jus Melon, Lansia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Program Studi > S1 Keperawatan
Depositing User: Repository STIKES ICME Jombang
Date Deposited: 20 Jan 2018 02:49
Last Modified: 05 Jan 2021 06:46
URI: http://repo.stikesicme-jbg.ac.id/id/eprint/61

Actions (login required)

View Item View Item