SIKAP DENGAN PERILAKU MASYARAKAT TENTANG PERTOLONGAN PERTAMA KORBAN KECELAKAAN LALU LINTAS (Studi Di RT 02 RW 05 Dsn. Pekunden Ds. Kademangan Kec. Mojoagung Kab. Jombang)

Aji, Aria Kusuma (2017) SIKAP DENGAN PERILAKU MASYARAKAT TENTANG PERTOLONGAN PERTAMA KORBAN KECELAKAAN LALU LINTAS (Studi Di RT 02 RW 05 Dsn. Pekunden Ds. Kademangan Kec. Mojoagung Kab. Jombang). Undergraduate thesis, STIKES Insan Cendekia Medika Jombang.

[img]
Preview
Text
skripsi_aria_kusuma_aji_133210008.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Masyarakat sering berkumpul saat terjadi kecelakaan dan hanya menonton. Sikap dan perilaku inilah yang sering muncul didalam masyarakat, karena ketakutan masyarakat akan adanya tuntutan hukum dan kurang memiliki pengetahuan tentang pertolongan pertama. Tujuan penelitian untuk menganalisis hubungan antara sikap dengan perilaku tentang pertolongan pertama korban kecelakaan. Desain Penelitian menggunakan analitik cross sectional, dengan variabel independent adalah sikap masyarakat tentang pertolongan pertama korban kecelakaan lalu lintas dan Variabel dependent adalah perilaku masyarakat tentang pertolongan pertama korban kecelakaan lalu lintas. Jumlah populasi adalah 41 responden dengan sampel 37 responden dan teknik sampling simple random sampling. Alat ukur menggunakan Koesioner. Pengolahan dan Analisa Data mengunakan Editing, Coding, Scoring, Tabulasi dan dianalisis dengan uji statistik korelasi spearman rank dengan tingkat kemaknaan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan Sikap positif tentang pertolongan pertama korban kecelakan lalu lintas sebagian besar yaitu 22 (59,5%) dan negatif 15 (40,5%), sedangkan perilaku masyarakat tentang pertolongan pertama korban kecelakan lalu lintas sebagian besar positif 21 (56,8%) dan negatif 16 (43,2%), sedangkan hubungan sikap dengan perilaku didapatkan  = 0,035 < α = 0,05 yang artinya jika nilai ρ ≤ 0,05 maka H1 diterima. Kesimpulan penelitian adalah ada hubungan antara sikap dengan perilaku masyarakat tentang pertolongan pertama korban kecelakaan lalu lintas di RT 02 RW 05 Dsn Pekunden Ds. Kademangan. Kata Kunci: Perilaku, Pertolongan pertama, Sikap

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Program Studi > S1 Keperawatan
Depositing User: Repository STIKES ICME Jombang
Date Deposited: 28 Aug 2018 05:55
Last Modified: 07 Sep 2018 03:54
URI: http://repo.stikesicme-jbg.ac.id/id/eprint/50

Actions (login required)

View Item View Item