Hubungan Persepsi Tentang Variasi Mengajar Dosen Dengan Minat Belajar Mahasiswa (Studi di Semester IV Kelas C Prodi D3 Kebidanan STIKes Insan Cendekia Medika Jombang)

Rohmiati, Rohmiati (2015) Hubungan Persepsi Tentang Variasi Mengajar Dosen Dengan Minat Belajar Mahasiswa (Studi di Semester IV Kelas C Prodi D3 Kebidanan STIKes Insan Cendekia Medika Jombang). Undergraduate thesis, STIKes Insan Cendekia Medika Jombang.

[img] Text
SKRIPSI, Rohmiati, 142120024, D4 Bidan Pendidik.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (746kB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL,Rohmiati,142120024, D4 Bidan Pendidik.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (259kB) | Request a copy

Abstract

Tenaga pengajar yang mengajar secara monoton dan tidak menggunakan variasi maka akan membosankan. Sehingga menyebabkan perhatian berkurang, mengantuk, dan akibatnya tujuan pembelajaran tidak tercapai. Dalam kegiatan proses belajar mengajar selain dosen harus menguasai mata pelajaran yang akan diajarkan, penggunaan variasi mengajar yang efektif yaitu sesuai mata pelajaran juga sangat diperlukan. Tenaga pengajar harus pandai menggunakan variasi dengan maksud menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, meningkatkan minat, ketekunan, antusiasme, penuh partisipasi dan keingintahuan mahasiswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan persepsi tentang variasi mengajar dosen dengan minat belajar mahasiswa. Desain penelitian ini adalah Analitik cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa Semester IV Kelas C Prodi D3 Kebidanan STIKes Insan Cendekia Medika Jombang sejumlah 43 responden. Teknik pengambilan sampling menggunakan Total Sampling. Variabel independennya adalah persepsi tentang variasi mengajar dosen dan variabel dependennya adalah minat belajar mahasiswa. Teknik pengolahan data menggunakan editing, coding, scoring dan tabulating. Analisa data menggunakan analisis Univariate dan analisis Bivariate. Pengambilan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian persepsi tentang variasi mengajar dosen adalah persepsi positif sebanyak 19(44,2%) dan persepsi negatif sebanyak 24 orang (55.8 %). Hasil minat belajar mahasiswa adalah minat tinggi sebanyak 3 (7%), minat sedang 31 (72,1%), dan minat rendah 9 (20,9%). Hasil uji Spearman Rank adalah α= 0,05, didapatkan hasil bahwa ρ value = 0,000 < 0,05 maka H1 diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan persepsi tentang variasi mengajar dosen dengan minat belajar mahasiswa di Semester IV Kelas C Prodi D3 Kebidanan STIKes Insan Cendekia Medika Jombang. Kata Kunci : Persepsi, Mahasiswa, Variasi Mengajar, Dosen, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Mahasiswa, Variasi Mengajar, Dosen, Minat Belajar
Subjects: R Medicine > RI Midwifery
Divisions: Program Studi > D4 Kebidanan
Depositing User: Repository STIKES ICME Jombang
Date Deposited: 22 Mar 2021 04:26
Last Modified: 22 Mar 2021 04:26
URI: http://repo.stikesicme-jbg.ac.id/id/eprint/4804

Actions (login required)

View Item View Item