Pengaruh Metode Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Kompetensi Kebidanan III (Proses Laktasi dan Menyusui) (Studi Mahasiswa Semester 4, D3 Kebidanan STIKes ICMe Jombang)

Susiyana, Dewi (2015) Pengaruh Metode Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Kompetensi Kebidanan III (Proses Laktasi dan Menyusui) (Studi Mahasiswa Semester 4, D3 Kebidanan STIKes ICMe Jombang). Undergraduate thesis, STIKes Insan Cendekia Medika Jombang.

[img] Text
skripsi dewi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (792kB) | Request a copy
[img] Text
jurnal benar.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (315kB) | Request a copy

Abstract

Proses pembelajaran dengan cara menyimak penjelasan dari dosen kurang memberikan dampak positif terhadap daya pikir mahasiswa. Berdasarkan hasil studi pendahuluan secara wawancara bulan April 2015 pada 10 mahasiswa D3 Kebidanan didapatkan 5 mahasiswa (50%) mengatakan lebih aktif, termotivasi menggunakan diskusi jigsaw, 2 mahasiswa (20%) mengatakan kurang termotivasi menggunakan diskusi, 3 mahasiswa (30%) mengatakan lebih memahami dan termotivasi menggunakan penjelasan dengan kombinasi tanya jawab. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap motivasi belajar mahasiswa. Desain penelitian menggunakan eksperimental dengan pendekatan Pra-Eksperimental-one group pre-post test design. Populasi dalam penelitian ini semua mahasiswa semester 4 sejumlah 112 mahasiswa. Sampel sejumlah 39 mahasiswa secara Purposive Sampling. Variabel independen adalah metode pembelajaran CTL. Variabel dependen adalah motivasi belajar mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Pengolahan data menggunakan editing, scoring, coding, tabulating. Analisa data Univariate menggunakan p=f/n dan Bivariate menggunakan Wilcoxon. Hasil penelitian sebelum diberi perlakuan pada 39 responden didapatkan bahwa 20 responden (51,3%) bermotivasi kuat dan 19 responden (48,7%) bermotivasi sedang. Setelah diberi perlakuan menjadi 28 responden (71,8%) bermotivasi kuat dan 11 responden (28,2%) bermotivasi sedang. Hasil uji statistik pada penelitian ini didapatkan bahwa ( = 0,005 < α = 0,05), jadi H1 diterima. Kesimpulan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap motivasi belajar mahasiswa kompetensi kebidanan III. Kata kunci: metode pembelajaran, CTL, motivasi belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran, CTL, motivasi belajar
Subjects: R Medicine > RI Midwifery
Divisions: Program Studi > D4 Kebidanan
Depositing User: Repository STIKES ICME Jombang
Date Deposited: 19 Mar 2021 06:16
Last Modified: 19 Mar 2021 06:16
URI: http://repo.stikesicme-jbg.ac.id/id/eprint/4776

Actions (login required)

View Item View Item