PERAN ORANG TUA DENGAN KEPATUHAN MENCUCI TANGAN MENGGUNAKAN SABUN PADA ANAK USIA SEKOLAH (Studi kasus di Sekolah Dasar Negeri 4 Kumpai Batu Bawah, Kec. Arut Selatan, Kab. Kotawaringin Barat, Pangkalan Bun-Kalimantan Tengah)

Alfitra, Asmi (2017) PERAN ORANG TUA DENGAN KEPATUHAN MENCUCI TANGAN MENGGUNAKAN SABUN PADA ANAK USIA SEKOLAH (Studi kasus di Sekolah Dasar Negeri 4 Kumpai Batu Bawah, Kec. Arut Selatan, Kab. Kotawaringin Barat, Pangkalan Bun-Kalimantan Tengah). Undergraduate thesis, STIKES Insan Cendekia Medika Jombang.

[img]
Preview
Text
Asmi Alfitra.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Anak Usia Sekolah adalah anak yang berusia 6-12 tahun .Pada masa ini anak anak suka bermain dengan posisi sangat berdekatan satu sama lain, menggunakan tangan untuk meletakkan suatu benda di mulutnya, makan dan membuang ingus. Kondisi tersebut dapat berdampak pada tingginya kejadian infeksi pada anak usia sekolah karena mudahnya penyebaran beberapa penyakit infeksi melalui tangan. Tingginya angka penyebaran infeksi yang terjadi di lingkungan sekolah menimbulkan kecemasan para orang tua, mengganggu konsentrasi belajar anak dan 3 berpotensi menimbulkan dampak negatif terhadap hasil belajar anak. Tingginya angka tidak mencuci tangan setelah aktivitas harus di antisipasi, salah satunya dengan mengaktifkan peran orang tua. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan deskriptif analitik dengan metode cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1,2,3 4 dan 5 di Sekolah Dasar Negeri 4 kumpai batu bawah sebanyak 34 siswa. Teknik sampling yang di gunakan total sampling. Variabel Independen Peran orang tua sedangkan variavel dependen adalah kepatuhan mencuci tangan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan uji Chi Square. Hasil menunjukan responden memiliki peran aktif orang tua sebanyak (88,2 %) 30 orang, dan kurang aktif sebanyal (11,8%) 4 orang. Responden kepatuhan anak dalam mencuci tangan , patuh (82,4 %) yaitu sebanyak 28 orang.Tidak Patuh sebanyak (17,6%) yaitu 6 orang. Uji Square menunjukan bahwa nilai signifikani p = 0,001 < a (0,05), Sehingga Ho ditolak dan H1 di terima. Kesimpulan adalah ada hubungan peran orang tua dengan kepatuahn mencuci tangan menggunakan sabun pada anak usia sekolah di SDN 04 Kumpai Batu Bawah, Kec. Arut Selatan, Kab. Korawaringin Barat Kata kunci : Peran, Kepatuhan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Program Studi > S1 Keperawatan
Depositing User: Repository STIKES ICME Jombang
Date Deposited: 31 Aug 2018 03:38
Last Modified: 04 Jan 2021 06:20
URI: http://repo.stikesicme-jbg.ac.id/id/eprint/275

Actions (login required)

View Item View Item