PENGARUH PENYULUHAN TERHADAP MINAT IBU DALAM PELAKSANAAN PIJAT BAYI ( Di Desa Badas Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang)

Aismawati, Aismawati (2017) PENGARUH PENYULUHAN TERHADAP MINAT IBU DALAM PELAKSANAAN PIJAT BAYI ( Di Desa Badas Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang). Undergraduate thesis, STIKES Insan Cendekia Medika Jombang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI aismawati word.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendahuluan Pijat bayi mempunyai manfaat yang besar bagi bayi, namun kenyataanya banyak ibu yang tidak melakukan pijat bayi sendiri. Mereka memijatkan bayinya pada dukun pijat bayi ketika bayi mereka rewel atau sakit saja. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan tentang manfaat pijat bayi.Tujuan penelitian adalah untuk Mengetahui Pengaruh penyuluhan terhadap minat ibu dalam pelaksanaan pijat bayi Di Desa Badas Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang.Desain penelitian yang digunakan adalah metode pra eksperimental dengan rancangan penelitian ” one group pre test post test design”populasi dalam penelitian ini SemuaIbu yang memiliki bayi usia 0-12 bulan di Desa Badas Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang 63 responden dan sampel Sebagian Ibu yang memiliki Bayi usia 0-12 bulan di Desa Badas Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang sejumlah 54 responden dengan menggunakan proportional random sampling. Variabel Independent adalah Penyuluhan tentang pijat bayi Variabel dependent minat ibu dalam pelaksanaan pijat bayi. Pengumpulan data dengan menggunakan editing. Coding dan tabulating. Analisa data menggunakan Uji Wilcoxon.Hasil penelitian minat ibu dalam pelaksanaan pijat bayi di Desa Badas kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang. Bahwa 54 responden menunjukkan sebagian besar Minat ibu dalam pelaksanaan pijat bayi sebelum di beri penyuluhan rendah sejumlah 35 (64,8%).dan Minat ibu dalam pelaksanaan pijat bayi sesudah di beri penyuluhan tinggi sejumlah 29 responden (53,7%). Pada uji analisa data uji statistik wilcoxon didapat p-value (signifikasi) sebesar 0,000 < @0.05 maka Hi diterima. Kesimpulan pada penelitian ini ada Pengaruh penyuluhan terhadap minat ibu dalam pelaksanaan pijat bayi. Kata kunci : minat, penyuluhan, pijat bayi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RI Midwifery
Divisions: Program Studi > D4 Kebidanan
Depositing User: Repository STIKES ICME Jombang
Date Deposited: 29 Aug 2018 03:41
Last Modified: 04 Jan 2021 03:13
URI: http://repo.stikesicme-jbg.ac.id/id/eprint/203

Actions (login required)

View Item View Item