HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI MENJADI BIDAN DENGAN PRESTASI BELAJAR ASUHAN KEBIDANAN IBU HAMIL PADA MAHASISWA SEMESTER II PRODI DIII KEBIDANAN (STUDI DI STIKes ICMe JOMBANG)

Sulistyawati, Henny (2015) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI MENJADI BIDAN DENGAN PRESTASI BELAJAR ASUHAN KEBIDANAN IBU HAMIL PADA MAHASISWA SEMESTER II PRODI DIII KEBIDANAN (STUDI DI STIKes ICMe JOMBANG). Jurnal Insan Cendekia, 2 (1). pp. 70-74. ISSN 2443-0854

[img]
Preview
Text
Dokumen Lengkap 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Peer Review Artikel 1.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Similiarity artikel 1.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
JURNAL MOTIVASI BIDAN 1.pdf

Download (261kB) | Preview
Official URL: http://digilib.stikesicme-jbg.ac.id/ojs/index.php/...

Abstract

Motivasi adalah dorongan mental untuk mengarahkan dan menggerakkan perilaku manusia sebagai pendorong usaha dan pencapaian prestasi. Dalam motivasi terdapat adanya keinginan yang mengaktifkan, menyalurkan, menggerakkan, mengarahkan sikap serta perilaku individu (dikutip oleh Dimyati dan Mujiono). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan motivasi menjadi bidan dengan prestasi belajar Asuhan Kebidanan Ibu Hamil pada mahasiswa semester II Program Studi D III Kebidanan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Medika Jombang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu observasional analitik atau disebut penelitian cohort. Populasi dalam penelitian ini mahasiswa semester II Program Studi D III Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Medika sejumlah 180 mahasiswa, jumlah sampel diambil menggunakan tabel Krejcie dengan kesalahan 5% jumlah sampel 123 mahasiswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Variabel bebas adalah motivasi menjadi bidan parameternya menggunakan kuesioner, sedangkan variabel tergantung adalah prestasi belajar Asuhan Kebidanan Ibu Hamil yang mengambil nilai hasil dari ujian semester II pada mata kuliah Asuhan Kebidanan Ibu Hamil. Hasil analisa data menggunakan uji korelasi product moment dapat dilihat bahwa nilai rhitung sebesar 0,272 > rtabel sebesar 0,207 dengan nilai p sebesar 0,009 lebih kecil dari 0,05. Nilai rhitung sebesar 0,272 termasuk dalam kategori tingkat hubungan rendah, dalam analisis koefisien korelasi ini juga didapatkan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,074 ini berarti hanya (7,4%) motivasi menjadi bidan dapat mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa, sedangkan (92,6%) dipengaruhi oleh faktor lain, misalnya intelegensia, bakat, minat, sikap dan lingkungan mahasiswa.

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RI Midwifery
Divisions: Peer Review
Depositing User: M.Kes Henny Sulistyawati
Date Deposited: 28 Jan 2019 04:57
Last Modified: 28 Jan 2019 04:57
URI: http://repo.stikesicme-jbg.ac.id/id/eprint/1838

Actions (login required)

View Item View Item