PENGARUH PEMBERIAN TEKNIK RELAKSASI (PERNAFASAN DALAM) TERHADAP TINGKAT KONSENTRASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN (Studi Di MTs Riyadlatul Fallah Kelas VIII Plandaan Jombang)

Rosyidah, Inayatur (2017) PENGARUH PEMBERIAN TEKNIK RELAKSASI (PERNAFASAN DALAM) TERHADAP TINGKAT KONSENTRASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN (Studi Di MTs Riyadlatul Fallah Kelas VIII Plandaan Jombang). Jurnal Keperawatan, 13 (1). pp. 31-39. ISSN 2088-2173

[img]
Preview
Text
Inayatur Rosyidah - Peer Review.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Similiarity - Inayatur Rosyidah.pdf - Published Version

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover, Dapus.pdf - Published Version

Download (540kB) | Preview
Official URL: http://digilib.stikesicme-jbg.ac.id/ojs/index.php/...

Abstract

Pendahuluan: Belajar merupakan suatu upaya untuk menguasai sejumlah pengetahuan. Dalam menguasai sejumlah pengetahuan tersebut sangat diperlukan konsentrasi. Salah satu cara untuk meningkatkan konsentrasi yaitu dengan cara teknik relaksasi (pernafasan dalam). Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian teknik relaksasi (pernafasan dalam) terhadap tingkat konsentrasi dalam proses pembelajaran (Studi di MTs Riyadlatul Fallah Kelas VIII Plandaan Jombang). Metode Penelitian: Desain penelitian ini adalah pre eksperimental design dengan rancangan One group pre-post test design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTs Riyadlatul Fallah Plandaan Jombang dengan pengambilan sampling Total Sampling dengan jumlah sampel 25 siswa. Variabel independent adalah teknik relaksasi nafas dalam, sedangkan variabel dependent adalah tingkat konsentrasi dalam proses pembelajaran di kelas VIII. Data dikumpulan dengan menggunakan lembar observasi dengan analisa data menggunakan uji statistic Willcoxon (α = 0,05). Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik relaksasi (pernafasan dalam) berpengaruh terhadap tingkat konsentrasi dalam proses pembelajaran di kelas VIII yaitu sebelumnya siswa yang memiliki tingkat konsentrasi yang tidak baik 25 siswa (100%) menjadi 3 siswa (12%). Jadi, hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan konsentrasi sebanyak 22 siswa (88%) dengan hasil uji statistic p= 0,000. Kesimpulan: Kesimpulan ada pengaruh teknik relaksasi (pernafasan dalam) terhadap tingkat konsentrasi siswa kelas VIII di MTs Riyadlatul Fallah Plandaan Jombang. Saran: Sebagai bahan pertimbangan untuk ikut berperan serta dalam memberikan health education, motivasi dan konseling kepada permasalahan psikologi remaja (siswa) kususnya didunia pendidikan. Kata Kunci : Konsentrasi, Nafas dalam, Relaksasi, Teknik

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Z_Dokumen_Lain
Divisions: Peer Review
Depositing User: Inayatur Rosyidah
Date Deposited: 24 Nov 2018 03:22
Last Modified: 24 Nov 2018 03:22
URI: http://repo.stikesicme-jbg.ac.id/id/eprint/1782

Actions (login required)

View Item View Item