Hubungan Tingkat Pendidikan Ibu Hamil Primigravida Terhadap Intensitas Antenatal Care di BPS Hj. Umi Salamah, A.Md. Keb. Kec. Peterongan Kab. Jombang

Kristianingrum, Dhita Yuniar (2015) Hubungan Tingkat Pendidikan Ibu Hamil Primigravida Terhadap Intensitas Antenatal Care di BPS Hj. Umi Salamah, A.Md. Keb. Kec. Peterongan Kab. Jombang. Jurnal Kebidanan, 10 (1). pp. 17-24. ISSN 2088 - 2505

[img]
Preview
Text
PENELITIAN.pdf - Published Version

Download (733kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ORIGINALITY JURNAL DHITA(1).pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://digilib.stikesicme-jbg.ac.id/ojs/index.php/...

Abstract

Kemampuan pelayanan kesehatan suatu negara dapat dilihat dari kesanggupan suatu negara untuk memberikan pelayanan kesehatan. Menurut WHO sekitar 585.000 jiwa pertahunnya meninggal saat hamil dan bersalin. Kematian maternal tersebut terjadi terutama di negara berkembang sebesar 99%. Tujuan enelitian yaitu mengetahui tingkat pendidikan ibu primigravida terhadap intensitas antenatal care. Peneliti menggunakan design penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Tujuan penelitian ini hendak menentukan hubungan tingkat pendidikan ibu hamil primigravida dengan intensitas ANC. Hasil penelitian adalah H0 ditolak sehingga ada pengaruh tingkat pendidikan ibu terhadap intensitas Antenatal care di BPM. Hj. Umi Salamah Kecamatan Peterongan, Kabubaten Jombang. Penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat hubungan tingkat pendidikan ibu terhadap intensitas ANC di BPM Hj. Umi Salamah, Peterongan, Jombang. Hal ini sesuai dengan teori yang dikemukakan pada profil Dinkes Jombang bahwa ada 3 faktor yang dapat mempengaruhi kehamilan yaitu fisik, psikologi dan pendidikan, sosial budaya, serta ekonomi. Kata Kunci : Pendidikan, Antenatal Care

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RI Midwifery
Divisions: Peer Review
Depositing User: S.ST M.Kes Dhita Yuniar Kristianingrum
Date Deposited: 27 Mar 2018 08:11
Last Modified: 28 Sep 2020 06:06
URI: http://repo.stikesicme-jbg.ac.id/id/eprint/170

Actions (login required)

View Item View Item